Jan 17, 2010

Berwisata Kuliner di Kota Yogyakarta

Setelah sekian lama.. akhirnya gw baru bisa nge-post lagi haha.. maafkan blogger murtad inih hahaha.. anyway, akhir taun lalu gw habiskan di Yogya and here's documentation of my culinary journey there.. tapi ga smua scara suka lupa poto ;P um, so here we go.. these are the food (happy drooling..)

1. Soto Daging Sapi Pak Sabar
begitu sampe di bandara, sang penjemput langsung mengajak kami makan di tempat ini.. tempatnya rumah semi permanen.. aga di dalem dan gw langsung ga inget itu dimana haha.. tapi rame banget.. pas kita dateng aja, harus nunggu sbelum akhirnya bisa dapet duduk.. klo di jakarta --> waiting list :) um, jadi resto ini cuma jual soto daging.. bisa soto daging campur (soto daging yang uda campur nasi), soto daging pisah (soto dan nasi dipisah) terus kita juga bisa milih, mau daging sapi aja ato campur dengan berbagai jeroan.. rasanya? kebetulan itu jam 2 siang dan gw blum lunch, jadi mnurut gw.. enak hahaha.. kuahnya bening, mirip soto kudus.. the kind of soto that i like, daripada kuah yang kuning ato pake bermacam2 rempah hehe.. rasanya ga terlalu gurih, biasa aja tapi bikin ketagihan hehe.. enak lah pokonya :)

2. Iga Sapi Bali Pertama di Dunia
well, itu beneran nama restoran yang tertera di depannya.. walo gw ga percaya sih itu iga sapi bali pertama di dunia.. lah, tempatnya aja di yogya hehehe :) um, rasa nya enak banget.. iga sapi nya gede luar biasa.. dan dagingnya empuk.. ga nglawan sama skali waktu qta makan.. delicious.. al dente.. mak nyuusss.. bumbunya aga pedes, bukan manis kaya iga bakar madu.. banyak rempah2 juga kayanya, tapi gw ga tau ;P enak lah pokonya.. di resto ini, slain iga bakar bali juga ada macem-macem makanan lain, such as sate sapi, bebek goreng, sop iga bening, ayam kecombrang, ayam betutu dan yang katanya juga best seller.. uratan.. yang adalah sosis sapi tapi gede gitu.. enak lah pokonya.. tempatnya lumayan bagus walo aga jauh dari pusat kota Yogya.. kedai kecil tanpa AC tapi nyaman.. lampunya ga terlalu banyak, cuma ada beberapa lampion.. tapi bikin suasana romantis euy :)

3. Gudeg Yogya Yu Djum
ini adalah satu-satunya gudeg yang gw coba slama di Yogya hahaha.. dan ini pun dibeliin klien.. bisa dilihat bentuknya yang merupakan nasi kotak.. um, rasanya? ENAK ENAK ENAK... smua orang bilang klo gudeg yang asli Yogya itu manisss banget.. gw uda takut aja sih ini kemanisan buat lidah gw.. tapi ternyata ini ENAK BANGET haha.. (bayangin si om Bondan ngomong "mak nyus" dengan mata berbinar-binar) hihihi.. gudegnya emang lebih manis daripada gudeg di Jakarta, tapi acceptable for my tounge.. krecek nya sih yang enak banget.. ga tau de diapain tu krecek ampe sgitu enaknya hihihihi..

4. Sate Kambing & Ayam Samirono
ini adalah resto yang di-recommend oleh klien tercinta di Yogya sana.. katanya satenya enak.. gw sbagai penghindar kambing -karna katanya bikin kolesterol- milih makan sate ayam aja.. rasanya? well, sjujurnya mnurut gw, nothing could ever be so special from the ordinary sate ayam haha.. biasa aja rasanya.. kaya sate ayam-sate ayam yang sudah ada dimana-mana hehehe..


5. Ayam Goreng Bu Tini
ini merupakan salah satu menu makan siang.. dan ENAK EUYY.. ayamnya di Yogya ini beda banget loh sama ayam-ayam goreng di Jakarta.. bumbunya meresap sampe ke daging nya.. klo di Jakarta kan cuma di kulit doank yang krasa bumbunya.. ayam goreng bu tini ini rasanya manis dan enak haha.. duh gw ngiler lagi ni.. pas banget sama sambel yang ga terlalu pedes, tapi juga ga manis.. it's really great :)

6. Bakmi & Bajigur Kadin
pergi kesini bareng pmimpin cabang klien hehe.. resto ini gede banget dan rame banget.. luar biasa dah.. jualnya cuma MI GODHOG JAWA dan MI GORENG JAWA.. udah.. cuma 2 aja menu makanannya hihi.. tapi banyak banget saung-saung kaya tukang nasi goreng tek-tek keliling itu loh.. gw pesen mi godhog, scara klo denger dari orang-orang sih enakan mi godhog, klo di jakarta kan mi goreng uda banyak ya.. tapi ternyata.. enakan mi goreng hahaha.. um, mi godhog nya itu kuahnya putih.. dulu yang pernah gw coba di Jakarta sih kuahnya coklat gitu.. rasanya enak.. ga terlalu banyak rasa yang kadang bikin lidah gw bingung.. ini rasanya simple but nice.. enak sih.. disajikan sama acar gitu.. tapi ya, itu.. ternyata enakan mi goreng nya hahahah..

7. Kedai Sapi
kedai sapi ini ada 2, yang satu di Ambarukmo Plaza, yang satu lagi.. di kedai gitu.. tapi lupa tempatnya di mana.. nah, beda tempat, beda harga.. kalo kata sang supir sih, sewa di mall itu mahal, jadi harganya juga jadi mahal deh.. kedai ini jualnya macem-macem sapi dan yang paling laris katanya sih iga bakar madu.. so that's what I ordered bareng-bareng.. rasanya sih manis-manis gitu.. tapi iganya rada alot.. aga kcewa sih karna beberapa hari sblumnya uda makan iga bali yang empuk itu.. rasanya sih sbenernya lumayan.. qta juga pesen sort of 'potato corned beef with french fries' which was enak banget.. haha.. seriously.. padahal cuma perkedel pake kornet gitu.. tapi poured with some gravy and makes it perfect.. enak.. yang juga enak dari toko ini adalah minumannya.. minumannya macem-macem banget.. gw nyoba hot mochacinno, served with oreo biscuit.. dan ENAK.. hangat dan manis nya pas.. ada rasa kopi nya and ditaburi coklat gitu.. perfect for relaxing my mind after some overtime :)

8. Bebek Goreng H. Slamet (Asli)
ini bebek terkenal banget loh.. qta pernah mau makan dan yang kita temui adalah tulisan 'HABIS' di depan pintunya hehe.. akhirnya qta kesana lagi dan makan disana.. yang terkenal, of course bebek goreng.. rasanya? enak terutama sambel nya.. sambelnya itu dari cabe mentah yang ditumbuk gitu.. pedes euy.. tapi enak banget.. cuma bebeknya banyak minyak banget.. bikin ndut deh hihi..

overall, my culinary experience in Yogya is trully satisfying.. ya eyalah.. scara makan enak gratis lagi hihi.. some funny facts about eating in Yogya:
1. hampir smua restoran di Yogya selalu dilengkapi dengan band.. or at least ada orang yang nyanyi buat nemenin para penikmat makanan.. nyanyiannya ga slalu enak tapi mayan lah buat memeriahkan suasana.. seru karna kita bisa request dan bahkan kita bisa nyanyi juga klo mau dan ga malu hehehe..
2. restoran di Yogya itu cuma nyediain kuota buat makanan hari itu.. misalnya hari ini kuota nya 200 porsi.. nah udah, klo uda abis, mreka ga buat lagi.. that's why kita sempet keabisan si bebek itu tuh..
well, overall.. I had a GREAT time there

Yogyakarta, I will be back :)

1 comment:

  1. Mantap aja nih wisata kulinernya. Btw, ada satu lagi tempat makanan yang baru buka di Yogyakarta. Cobain deh Shihlin Taiwan Street Snack di Taman Sari Foodcourt, Ambarukmo Plaza. Dijamin enak, lezat dan terjangkau deh... :)

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...